Clock By Blog Tips

Thursday, May 3, 2012

China-AS Sepakat Jaga Kerjasama Militer


China dan Amerika Serikat sepakat untuk memelihara hubungan militer kedua negara secara sehat dan stabil.

Kesepakatan itu disampaikan Menteri Pertahanan China Liang Guanglie saat menerima Wakil Menteri Pertahanan AS James N. Miller di Beijing, Rabu.

Pada kesempatan itu Liang mengemukakan hubungan militer kedua negara dalam beberapa tahun terakhir berjalan cukup stabil, antara lain terlihat dari saling kunjung yang dilakukan masing-masing pejabat tinggi militer kedua negara untuk terus membangun kerja sama yang didasarkan saling menghormati dan menguntungkan kedua pihak.

Ia menyerukan agar kerja militer kedua negara dapat dilakukan atas dasar kesepakatan bersama untuk saling menghormati, saling percaya, saling menguntungkan untuk menghadapi tantangan baru.

Ling juga menginginkan kedua pihak untuk memperluas pemahaman bersama dan meminimalkan perbedaan yang ada untuk mendukung peningkatan kerja sama militer kedua negara yang stabil.

Sementara itu Wakil Menteri Pertahanan AS James N. Miller berharap adanya kerja sama militer yang berjalan baik dalam beberapa tahun ini mengingat kerja sama militer merupakan salahsatu bagian bagian penting dari hubungan kedua negara.

Ia mengatakan AS berkeinginan untuk membina dan memelihara hubungan militer yang stabil dengan China dengan meningkatkan strategi saling percaya, dan menjaga kepentingan keamanan.

Kehadiran Miller di Beijing untuk memulai pembicaraam Dialog Strategi keamanan AS-China dan dialog putaran keempat strategi ekonomi AS-China.



Sumber : Republika

0 komentar:

Post a Comment