Clock By Blog Tips

Monday, May 14, 2012

AS Tempatkan Kapal Perangnya di Singapura


Paman Sam akan segera mengirimkan satu kapal perang seri terbaru untuk pertama kalinya di Singapura pada 2013, untuk ditempatkan selama 10 bulan. Kapal tersebut mengemban misi memperluas pengaruh AS di Asia Pasifik.

Pejabat Angkatan Laut AS, Letnan Katie Corezo menyampaikan informasi itu lewat sebuah email kepada Agence France-Presse, Kamis (10/5/2012. Disebutkan pula, kapal tersebut berasal dari kelas terbaru "kapal tempur pesisir" (litoral combat ships). 

Kapal jenis permukaan yang kecil ini, bertugas untuk beroperasi di kawasan pesisir, dekat dengan pantai, sehingga dapat bergerak cepat mengatasi krisis. AS memandang kehadiran kapal itu akan menunjang kelangsungan strategi kehadiran AS di Asia-Pasifik.

Angkatan Laut (AL) AS juga menyatakan, kekuatan tempur lautnya harus dilengkapi dengan 55 kapal perang sejenis dan empat di antaranya akan ditempatkan di Singapura. Kapal-kapal itu akan ditempatkan secara bergantian di Singapura dan tidak ditempatkan permanen.

Di negara tetangga Indonesia itu, AS telah memiliki sebuah Pos AL yang bertugas mendukung logistik dan latihan bagi pasukannya di Asia Tenggara. Negara super power itu, juga akan meningkatkan kehadirannya di Filipina dan Thailand.

Akibat sikap agresif ini, Kementerian Pertahanan China telah mengecam aktivitas militer AS yang terus meningkat di kawasan itu. Beijing menegaskan, kehadiran militer Paman Sam itu, adalah sebuah bukti masih terpatrinya "mentalitas Perang Dingin" dari Washington.

Sebelumnnya, Washington pernah pula menyatakan keprihatinannya terhadap kemunculan sengketa kawasan di sekitar Pulau Spratly. Pulau ini kerap menjadi titik konflik antara China, Filipina, Brunei, Malaysia dan Vietnam, serta Taiwan. Apalagi, China berkali-kali melakukan latihan perang di sekitar perairan tersebut. 



Sumber :INTELIJEN.co.id 


Baca Juga 

0 komentar:

Post a Comment