Clock By Blog Tips

Monday, April 9, 2012

AS akan kirim kapal perang ke Singapura untuk latihan bersama


Washington - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Leon Panetta pada Kamis mengumumkan rencana untuk mengirim kapal-kapal perang ke Singapura untuk latihan bersama.

Pengumuman itu dibuat sehari setelah Panetta bertemu dengan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di Pentagon dan saat pengiriman pertama 2.500 Marinir AS ke Australia mulai dilakukan.

"Tindakan departemen pertahanan untuk mengirim kapal-kapal tempur AS ke Singapura dan menaikkan tingkat pelatihan bersama akan memperkuat hubungan militer bilateral," demikian menurut pernyataan bersama dari para pemimpin pertahanan kedua negara yang dikutip Kantor Berita AFP.

Pernyataan itu juga menyebutkan, kedua pemimpin negara menegaskan keyakinan mereka bahwa kehadiran AS di kawasan Asia-Pasifik akan meningkatkan keamanan regional.

Desember lalu AS mengisyaratkan kemungkinan mengirim ke Singapura "kapal-kapal perang daerah pesisir kecil" yang digunakan untuk operasi-operasi dekat pantai.

Pernyataan Pentagon mengatakan kapal-kapal itu akan dikirim secara bergiliran dan tidak akan berpangkalan di Singapura, yang merupakan sekutu AS.

Militer AS telah mengoperasikan satu pos kecil di Singapura yang membantu logistik dan pelatihan pasukan di Asia Tenggara.

Kementerian pertahanan China mengecam kegiatan militer AS yang meningkat di Asia dan menyebutnya sebagai bukti "mental Perang Dingin" dari Washington.

AS juga semakin cemas atas kegiatan China yang semakin aktif dalam wilayah-wilayah yang disengketakan di kawasan Asia-Pasifik seperti di Laut China Selatan.


Sumber : Antara

0 komentar:

Post a Comment