Clock By Blog Tips

Wednesday, March 28, 2012

Obama Tambah Dana untuk Perisai Rudal Israel


Washington - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) berencana akan meminta persetujuan Kongres untuk mendanai tambahan perisai rudal jarak pendek untuk Israel 'Iron Dome'. Tambahan dana AS untuk 'Iron Dome' ini untuk meningkatkan kemampuan Israel menangkal roket dari pejuang Palestina di Gaza.

Juru bicara Pentagon, George Little mengatakan mendukung keamanan Israel adalah prioritas utama Obama dan Menteri Pertahanan Leon Panetta. Menurutnya, selama serangan roket dari Gaza awal bulan ini, sistem 'Iron Dome' telah berperan penting dalam menjaga keamanan Israel.

Pejabat Pentagon, tambah Little, sebelumnya telah berunding dengan pemerintah Israel mengenai dukungan AS untuk tambahan sistem 'Iron Dome' ini. "Dan Washington berencana meminta meningkatkan penyesuaian dana," ungkap Little yang dilansir dari Reuters, Selasa (27/3).

Permintaan tersebut didasarkan kekhawatiran Washington mengatisipasi serangan balasan Iran ke Israel. Setelah retorika serangan Israel ke Iran meningkat. Ditambah ketakutan AS dan Israel dengan adanya gejolak kekerasan yang kian parah di sepanjang perbatasan selatan Israel.

Washington memprediksi biaya pengembangan roket 'Iron Dome' Israel, setelah disetujui Kongres AS sebesar 205 juta dolar AS. Sistem 'Iron Dome' ini dikembangkan oleh perusahaan Israel, Rafael Advanced Defense Systems Ltd pada 2006 lalu. Dimana sistem perisai rudal Israel ini ditujukan untuk melawan serangan roket Lebanon.

Walau berkali-kali Obama menginginkan penyeleseian diplomasi dengan Iran, namun disaat bersamaan AS ingin menunjukkan dukungan setia pada Israel.



Sumber : Republika

0 komentar:

Post a Comment