Clock By Blog Tips

Wednesday, March 21, 2012

Cina Memperingatkan AS Soal Laut Cina Selatan


Cina kembali memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak memperkeruh kondisi di Laut Cina Selatan dan tidak menciptakan ketegangan di kawasan.

Situs harian People Daily, Selasa (20/3) melaporkan, pada 15 Maret, Komandan Pasukan AS di Jepang, Letjend. Burton Field memberikan konferensi pers di Tokyo, menuntut Cina untuk menghormati kebebasan navigasi dan mengambil tindakan yang bertanggung jawab di Laut Cina Selatan.

"Apa yang dimaksud dengan tindakan bertanggung jawab? Apakah tindakan AS mengerahkan kapal perang ke Laut China Selatan, sering mengadakan latihan militer di kawasan, dan mencoba untuk membentuk aliansi militer di sana, sebagai perilaku yang bertanggung jawab?," tulis harian tersebut.
Menurut People Daily, AS sengaja mengaburkan isu kebebasan navigasi dan kedaulatan teritorial serta membentuk opini publik untuk membuka jalan bagi pelaksanaan strategi-strateginya di kawasan. Ditambahkannya, isu Laut Cina Selatan memanas karena strategi baru militer AS adalah memperluas kehadirannya di kawasan Asia-Pasifik.

"Memperkuat rasa saling percaya dan menciptakan suasana damai untuk menyelesaikan sengketa Laut Cina Selatan adalah sudut pandang konsisten pemerintah Cina," tegasnya.

Pada awal 1980-an, Cina telah mengusulkan prinsip dasar mengesampingkan sengketa Laut Cina Selata dan mengembangkannya bersama-sama. Usulan Cina sesuai dengan kepentingan jangka panjang dari semua negara terkait dan juga jaminan untuk navigasi yang aman di Laut Cina Selatan. (IRIB Indonesia/RM/SL)



Sumber :Iran Indonesian Radio



Baca lainnya 

0 komentar:

Post a Comment