Clock By Blog Tips

Thursday, February 2, 2012

AS kurangi operasi militer di Afghanistan pada 2013


Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan Amerika Serikat akan mengurangi operasi-operasi militer di Afghanistan sepanjang tahun 2013 mendatang.

Namun, lanjut Panetta, hal itu bukan berarti militer AS sama sekali tidak akan terlibat dalam operasi-operasi bersenjata.

"Ini tidak berarti kami tidak siap bertempur. Kami selalu siap tempur karena kami harus selalu siap mempertahankan diri kami sendiri," kata Panetta saat menghadiri KTT NATO di Brussels, Belgia

Lebih lanjut Panetta berharap peran militer AS di Afghanistan nantinya akan didominasi pelatihan dan membantu militer Afghanistan.

Pernyataan ini merupakan yang pertama kali disampaikan seorang pejabat senior AS terkait jadwal transisi peran militer negeri itu di Afghanistan.

Panetta menambahkan meski pada 2014 pasukan AS akan ditarik mundur, namun AS tetap akan mempertahankan kehadiannya di Afghanistan.
Serangan meningkat

Sementara itu Pentagon mengungkapkan bukti-bukti serangan terhadap pasukan AS yang dilakukan anggota militer dan kepolisian Afghanistan terus meningkat.

"Ini tidak berarti kami tidak siap bertempur. Kami selalu siap tempur karena kami harus selalu siap mempertahankan diri kami sendiri."

Serangan terhadap militer AS meningkat tajam selama dua tahun terakhir ini. Dari 42 serangan yang terjadi, 75% terjadi dalam dua tahun terakhir.

Sebagian besar penyerang bekerja sendirian dan tidak mendapat perintah dari pimpinan pemberontak.

Namun dalam beberapa kasus para penyerang adalah kelompok pemberontak yang menyamar menjadi militer atau polisi Afghanistan.

Anggota parlemen AS menilai kondisi ini disebabkan buruknya proses perekrutan anggota militer dan kepolisian Afghanistan.

Saat ini terdapat 99.000 prajurit AS di Afghanistan di mana 22.000 orang di antaranya dijadwalkan ditarik mundur sepanjang tahun 2012.

Pada akhir 2012 jumlah tentara AS di Afghanistan akan menyusut higga tersisa 68.000 personil saja.


Sumber : BBC

0 komentar:

Post a Comment