Clock By Blog Tips

Tuesday, January 3, 2012

Satelit Militer Turki Ancam Israel


ANKARA - Militer Israel tampaknya akan mengalami ancaman baru seiring dengan peningkatan kapabilitas dari satelit militer Turki. Satelit ini sanggup untuk mengawasi seluruh instalasi militer dan wilayah Israel.

Turki menyelesaikan pembangunan dari satelit militernya dan berniat untuk meluncurkan satelit pada dua tahun ke depan. Satelit Gokturk sanggup untuk memotret apapun yang ada di Tel Aviv, yang tentunya sangat dijaga kerahasiaannya oleh Israel.

"Turki dapat saja memotret instalasi rahasia Israel dan menjualnya ke beberapa negara yang merupakan musuh Israel," ujar seorang peneliti dari Jane's Defence Weekly, Mohammed Najib, seperti dikutip Russia Today, Senin (2/1/2012).

Keberadaan satelit itu diperkirakan akan semakin memperburuk hubungan Turki dan Israel yang saat ini masih mengalami ketegangan. Turki juga masih berang dengan Israel terkait peristiwa penyerangan kapal relawan Turki pada 2010 lalu.

"Turki mencoba untuk menghalau Israel dalam berhubungan dengan negara-negara Timur Tengah. Turki juga ingin mengatakan, Mediterania Timur bukan merupakan lahan bermain bagi Israel, banyak negara yang berkepentingan di wilayah itu dan seluruh negara harus mematuhi hukum internasional," ujar seorang peneliti Nimrod Goren.

Kawasan Mediterania memang terkenal dengan kekayaan migasnya, banyak negara-negara yang ingin mengeksploitasi kekayaan alam di wilayah tersebut. Turki bahkan sempat terganggu dengan kehadiran Angkatan Udara Israel di perairan itu.



Sumber : Okezone

0 komentar:

Post a Comment