Clock By Blog Tips

Monday, January 2, 2012

Rusia Modernisasi Armada MiG-31

Pesawat buru sergap Rusia versi ekspor MiG-31E

Moskwa - Angkatan Udara Rusia berniat memodernisasi armada pesawat buru sergap MiG-31 Foxhound untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara negara itu. Pesawat-pesawat yang sudah dimodernisasi akan siap dioperasikan mulai 2020.

Demikian dinyatakan Kementerian Pertahanan Rusia dalam kabar yang disiarkan kantor berita RIA Novosti, Senin (2/1/2012). "Kami berencana meng-upgrade lebih dari 60 pesawat buru sergap MiG-31 ke versi MiG-31 BM pada 2020," ungkap juru bicara AU Rusia Vladimir Drik, pekan lalu.

Kontrak modifikasi peningkatan kemampuan pesawat ini sudah ditandatangani dengan pihak United Aircraft Corporation—perusahaan industri dirgantara Rusia yang menyatukan produsen-produsen pesawat utama era Uni Soviet, Desember tahun lalu.

Versi MiG-31 BM akan dilengkapi dengan perangkat avionik baru dan tautan data digital, radar multimoda baru, tampilkan layar multifungsi berwarna di kokpit, dan sistem kendali senjata yang lebih kuat. Dengan kemampuan baru ini, MiG-31 BM mampu mendeteksi sasaran udara dari jarak 320 kilometer dan secara simultan mampu melacak hingga 10 sasaran sekaligus, termasuk rudal balistik dan rudal jelajah.

MiG-31 adalah bagian terpadu dari jaringan pertahanan udara komprehensif Rusia, yang dirancang khusus untuk menangkis ancaman potensial dari udara. Pesawat ini dioperasikan AU Rusia sejak 1982 untuk menggantikan pendahulunya, MiG-25 Foxbat, dan sejak itu baru sebagian kecil yang sudah dimodernisasi. Sedikitnya 150 pesawat jenis ini ditempatkan di pangkalan-pangkalan udara di seluruh Rusia.

MiG-31 diawaki dua orang, mampu melesat dengan kecepatan Mach 3, dan membawa berbagai persenjataan seperti rudal udara-ke-udara jarak jauh AA-9 Amos (R-33), yang merupakan tandingan rudal AIM-54 Phoenix buatan AS, dan versi MiG-31BM dilengkapi kemampuan menghancurkan sasaran di darat dengan rudal udara-ke-darat antiradiasi AS-17 Krypton.


Sumber : Kompas

0 komentar:

Post a Comment