Clock By Blog Tips

Thursday, December 22, 2011

Sekilas Tentang Armada Ketujuh Amerika Serikat


Armada Ketujuh merupakan armada angkatan laut Amerika Serikat terbesar yang hingga kini masih dipertahankan. Betapa tidak. Dari markasnya di Yokosuka, Jepang, mereka rutin berlayar menjaga kepentingan AS di wilayah perairan seluas 52 juta mil persegi. Membentang dari barat AS sampai pantai timur Afrika, dan dari Kepulauan Kuril sampai Antartika.

Hingga kini, tak ada satu pun negara yang mampu menandingi kekuatannya.

Armada Ketujuh memiliki 40-50 kapal perang, 350 pesawat terbang, serta 50.000 pelaut dan marinir. Dan, hampir separuh masa dalam setahun kapal-kapal itu meronda. Dari atas kapal USS Blue Ridge (LCC 19), sang komandan memimpin langsung operasi militer, pelatihan awak, dan misi persahabatan dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Dalam edisi koleksi kali ini, Angkasa membeberkan lengkap kekuatan, organisasi, operasi militer, dan sederet pengalaman perangnya. Mulai dari ajang terkenal Battle of Leyte (1944) yang dipimpin langsung Jenderal Douglas Mac Arthur hingga perang-perang besar lain di Korea, Vietnam, dan Teluk. Tak lupa kami ungkap pule kapal induk, penjelajah, perusak, frigat, dan kapal selam yang kerap mengiringi kemana pun pergi.


0 komentar:

Post a Comment