Clock By Blog Tips

Tuesday, December 27, 2011

Kapal Perang Iran Selamatkan Tanker Minyak Saudi


Juru bicara manuver militer Velayat 90 Angkatan Laut Iran menyatakan kapal perusak Jamaran telah menyelamatkan kapal tanker minyak Saudi dari serangan kapal-kapal yang tidak diketahui di perairan internasional.

Wakil Komandan Angkatan Laut Iran Senin (26/12) mengatakan kapal tanker minyak Saudi mengirimkan panggilan darurat setelah mendeteksi sejumlah kapal asing yang mencurigakan mendekat.

"Kapal perusak Jamaran segera dikirim ke daerah itu untuk membantu kapal tanker minyak dan kehadirannya menyebabkan kapal musuh melarikan diri dari wilayah yang berada di bawah kontrol Angkatan Laut Iran," kata Laksamana Seyyed Mahmoud Mousavi Senin (26/12).

Mousavi juga mencatat bahwa angkatan laut Iran memantau semua kegiatan kapal trans-regional.
"Selain kapal permukaan, pesawat asing termasuk pesawat udara tanpa awak (UAV) juga dipantau oleh Angkatan Laut Iran," tegas Mousavi.

Angkatan Laut Iran meluncurkan kapal perang produksi dalam negeri Jamaran di perairan Teluk Persia pada bulan Februari 2010, dan menyelesaikan misi internasional pertama pada Ahad 18 Desember setelah melakukan operasi kontra-pembajakan di Teluk Aden.

Destroyer dengan bobot 1.420 ton itu merupakan bagian dari armada kapal perang Iran ke-16 yang dilengkapi dengan radar modern dan kemampuan perang elektronik.

Kapal perang dengan kecepatan tertinggi hingga 30 knot ini dilengkapi helipad, penghancur fitur sistem anti-pesawat, anti permukaan dan anti bawah permukaan yang sangat canggih serta meriam torpedo.

Angkatan Laut Iran melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008 demi menjaga dan mengamankan kapal perdagangan dan tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran maupun negara lain.

Teluk Aden yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Terusan Suez dan Laut Mediterania merupakan jalur perairan energi strategis, terutama karena minyak Teluk Persia dikirim ke Barat melalui Terusan Suez.


Sumber : Indonesian.irib.ir.

0 komentar:

Post a Comment