Clock By Blog Tips

Friday, December 9, 2011

Iran Pamer Pesawat Canggih Amerika Yang Ditembak Jatuh


Teheran - Stasiun televisi Iran melansir video dari pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) yang ditembak jatuh di Iran pada 5 Desember.

Dalam video berdurasi dua menit ini, pejabat militer Iran tampak sedang memeriksa pesawat RQ-170 yang diklaim tertembak jatuh di Iran. Pesawat berwarna krem itu tampak utuh dan tidak rusak.

"Pesawat ini ditembak lewat operasi gabungan Pasukan Garda Revolusi Iran dan tentara reguler Iran," ujar Jendral Ami Ali Hajizadeh, seperti dikutip Associated Press, Jumat (9/12).

Sementara itu, juru bicara Pentagon Kapten John Kirbi mengatakan, pihak militer AS masih menyelidiki rekaman video tersebut dan menolak untuk berkomentar. Kementerian Pertahanan AS juga tidak akan mengatakan, apakah pesawat yang ada di dalam video Iran itu merupakan pesawat milik AS.

Kementerian Dalam Negeri Iran juga memanggil Duta Besar Swiss yang saat ini menjadi penghubung Iran dan AS. Pada kesempatan itu, Iran melontarkan protesnya terkait adanya aktivitas pesawat mata-mata di wilayah Iran. Iran pun menuntut penjelasan dan kompensasi dari Washington.

Pesawat RQ-170 dirakit oleh Perusahaan Lockheed Martin dan digunakan di Afghanistan selama bertahun-tahun. Konon kabarnya, pesawat ini juga digunakan untuk melacak keberadaan markas Pimpinan Al Qaeda Osama bin Laden.


Sumber : PesatNews

0 komentar:

Post a Comment