Clock By Blog Tips

Tuesday, December 27, 2011

Didukung Militer, Posisi Kim Jong Un Makin Kuat



Putra almarhum pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Il bernama Kim Jong Un ditunjuk menjadi pemimpin tertinggi pengambil keputusan dari Partai Buruh. Dengan penunjukan ini membuatnya pemegang otoritas atas keputusan politik dan juga militer di negara itu.

Dilansir AP, Senin (26/12/2011),sepekan setelah media pemerintah setempat mengumumkan kematian Kim pada 17 Desember lalu, kampanye untuk menggantikan Kim Jong Un terus mengemuka. Sabtu lalu, media pemerintah menyebutnya sebagai pemimpin tertinggi dari negara dan memiliki 1,2 juta anggota militer dan mendapat dukungan penuh dari tentara dan militer berjanji akan mendukung dan menunjukkan loyalitasnya kepada sang pemimpin baru.

Senin ini, harian Rodong Sinmun menggambarkan dirinya sebagai kepala Komite Pusat Partai Buruh, sebuah posisi yang membuatnya menjadi pejabat tinggi di Partai Buruh.

Kim Jong Il memimpin Korut dengan menguasai tiga pos penting di tiga badan tertinggi yaitu Partai Buruh, Tentara Rakya Korea, dan Komisi Pertahanan Nasional. Sang ayah Kim Il Sung tetap menjadi presiden abadi hingga kematiannya pada tahun 1994.

Kim Jong Un, yang berada di usia akhir 20-an dan secara terbuka ditunjuk sebagai pilihan di antara tiga anak laki-lakinya dan kemudian memimpin negara dari 24 juta jiwa penduduk.


Sumber : TribunNews

0 komentar:

Post a Comment