Clock By Blog Tips

Tuesday, June 7, 2011

120 Tentara Suriah Tewas dalam Baku Tembak


Televisi Suriah melaporkan setidaknya 120 tentara tewas dalam baku tembak dengan kawanan bersenjata di kota Jisr al-Shughour. Sudah lebih dari 80 orang tewas ketika pangkalan keamanan di kota itu dikuasai oleh kawanan bersenjata.

Komunikasi ke kota Jisr al-Shughour terputus dan tidak banyak keterangan yang keluar dari pihak demonstran.

BBC melaporkan, jumlah korban jiwa yang jatuh di Suriah terkait gelombang kerusuhan di negara itu, tidak bisa diverifikasi secara independen, karena media asing sangat dibatasi.

Televisi pemerintah Suriah melaporkan kawanan bersenjata menggunakan granat dan telah mencuri lima ton bahan peledak.

Kantor berita resmi Sana mengatakan, pasukan tambahan telah dikirim ke kota Jisr al-Shughour dan tentara telah mengepung rumah-rumah yang dikuasai oleh kawanan bersenjata.

Pemberontakan di Jisr al-Shughour pada tahun 1980 melawan Presiden Hafez al-Assad, ayah presiden Suriah saat ini, dibabat habis dan menelan puluhan korban jiwa.

Demonstrasi di Suriah yang mendapat ilham dari pemberontakan rakyat di Tunisia dan Mesir itu mulai bergulir sejak pertengahan Maret di kota kecil Deraa sebelum kemudian merembet ke kota-kota lain.

Presiden Suriah Bashar Assad, yang mencoba melindungi kekuasaan keluarganya yang telah berlangsung empat dasawarsa, telah menjanjikan reformasi, tapi massa demonstran menyatakan janji-janji itu tidak memadai dan menuntut dia lengser.





Jurnas

0 komentar:

Post a Comment