Clock By Blog Tips

Monday, May 9, 2011

Taliban Mengawali "Badar", 8 Tewas


Kadahar - Kelompok Taliban Afganistan menepati janjinya dengan memulai serangan musim semi atau yang dikenal dengan perang Badar, Sabtu, di Kandahar. 

Serangan Taliban dilakukan bertubi-tubi dengan 6 ledakan bom bunuh diri dan serbuan ke beberapa pusat perbelanjaan di Kandahar. Sedikitnya 8 orang tewas dan 29 lainnya cedera akibat rangkaian serangan Taliban.
 
Mereka juga membombardir kantor gubernur provinsi Kandahar, sementara kelompok bersenjata di pusat perbelanjaan kota Kandahar terlibat tembak-menembak dengan pasukan keamanan di kompleks gubernur Tooryalai Wesa.
 
Dua ledakan terdengar di kota, satu di antaranya di dekat kompleks. Belum jelas apakah gubernur berada di dalam kompleks. Saksi mata mengatakan melihat asap hitam dari kompleks gubernur Wesa.
 
"Gerilyawan Taliban menyerbu beberapa departemen pemerintah termasuk rumah gubernur di kota Kandahar pada pukul 13:00 waktu setempat (Sabtu), tapi pasukan keamanan melakukan pembalasan. Enam pelaku pembom bunuh diri juga tewas, sebelum mereka melakukan aksinya," kata Gubernur Tooryali Weesa dalam konferensi pers di Kandahar.
 
Dua orang termasuk seorang polisi tewas dan 29 lainnya menderita luka-luka, katanya menambahkan. Di antara mereka yang luka-luka terdapat 10 personel keamanan termasuk polisi dan 19 warga sipil. Dua bom mobil juga meledak di kota itu, kata gubernur itu.
 
Ia juga mengakui bahwa para pejuang Taliban menargetkan serangan terhadap Wisma Gubernur, kantor polisi, dan kantor dinas intelijen di kota Kandahar, ibu kota provinsi Kandahar.
 
Uniknya, Kandahar adalah tempat kelahiran Taliban, sekaligus merupakan pusat kegiatan perlawanan terhadap pemerintahan Afganistan dukungan Barat, termasuk pasukan asing.
 
Namun Weesa mencatat bahwa situasi bisa segera dikendalikan setelah beberapa jam bentrok senjata.
 
 
 
 
 
Suara Karya

0 komentar:

Post a Comment