Clock By Blog Tips

Tuesday, March 8, 2011

Sukhoi TNI AU Cegat Pesawat Pakistan


Makassar - Dua pesawat tempur Sukhoi memaksa sebuah pesawat penumpang jenis Boeing 737-400 milik maskapai penerbangan Pakistan (PIA) mendarat di Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selaan, Senin (7/3). Pencegatan ini dilakukan karena pesawat PIA tak memiliki izin untuk melintasi wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

Menurut Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II (Pangkosekhanudnas II), Marsekal Pertama Abdul Muis, kejadian ini berawal pada pukul 12.30 WITA saat radar Bandara Sultan Hasanuddin mendeteksi satu pesawat memasuki Indonesia. Setelah diidentifiasi ternyata pesawat tersebut tidak memiliki izin.

Kejadian ini dilaporkan ke Mabes TNI dan Pangkohanudnas TNI AU, Marsekal Muda Edi Suyanto. Pangkohanudnas memerintahkan Pangkosekhanudnas II untuk menerbangkan dua Sukhoi. Pesawat Sukhoi mengejar dan berkomunikasi dengan pilot. Setelah dicek, pesawat PIA tidak memiliki izin terbang dari pemerintah Indonesia, Mabes TNI, dan Departemen Luar Negeri.

Akhirnya pesawat tersebut dipaksa mendarat dengan dituntun dua Sukhoi. Pesawat itu tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 13.45 WIB untuk dilakukan pemeriksaan terkait pelanggaran izin terbang. Untuk selanjutnya diproses sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

Menurut Danlanud Hasanuddin, Marsma TNI Agus Supriatna, pesawat PIA membawa 54 penumpang. Sebanyak 49 di antaranya adalah polisi yang bertugas untuk misi PBB di Timor Leste. Hingga kini, para penumpang PIA masih ditahan di Lanud Hasanuddin.




Tvone

0 komentar:

Post a Comment