Clock By Blog Tips

Friday, January 21, 2011

Serangan Mematikan Tewaskan Empat Serdadu


Serangan itu seperti terorganisasi. Sekitar 40 orang bersenjata menyerbu kamp tentara di Provinsi Narathiwat, Thailand bagian selatan. Alhasil, empat serdadu Thailand tewas. Begitu pernyataan juru bicara Negeri Gajah Putih terkait dengan insiden mematikan tersebut, sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (20/1/2011).

Menurut militer tersebut, kelompok separatis Islam acap melakukan serangan di tiga provinsi berpenduduk mayoritas Islam di situ. Namun, serangan biasanya berupa bom pinggir jalan atau penembakan dari kendaraan.

Sejak tahun 2004 sudah lebih dari 4.300 orang yang menjadi korban dalam konflik di Thailand selatan yang berkecamuk lagi setelah bertahun-tahun tenang. Angkatan Bersenjata Thailand mengatakan, dalam serangan kali ini, para pemberontak menyerang basis militer itu dari depan dan belakang. Angkatan Darat Thailand mengerahkan 60.000 pasukan di Thailand selatan untuk memerangi pemberontakan ini.

Beberapa analisis menunjukkan bahwa kelompok-kelompok pemberontak itu tidak banyak diketahui, tetapi diperkirakan beroperasi dalam sel-sel mandiri yang terdiri dari beberapa orang tanpa hierarki kepemimpinan yang kuat. Serangan kali ini menunjukkan tingkat koordinasi yang jauh lebih besar daripada serangan-serangan sebelumnya.

Para pemberontak ini menuntut otonomi untuk kawasan yang secara historis disebut Pattani, yang dianeksasi oleh Kerajaan Thailand sekitar seabad yang lalu. Kelompok-kelompok ini diperkirakan tidak mempunyai hubungan dengan kelompok ekstremis regional ataupun global.


Kompas
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment