Clock By Blog Tips

Friday, January 7, 2011

Menlu: ASEAN Akan Lebih Aktif Menjaga Keamanan

            Marty Natalegawa
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa mengatakan masalah keamanan regional akan menjadi perhatian selama Indonesia menduduki kursi kepemimpinan ASEAN tahun ini.

"Indonesia dalam kepemimpinan ASEAN tahun ini akan lebih proaktif dan akan lebih memberikan kontribusi dalam masalah keamanan, khususnya mengenai masalah keamanan seperti terorisme," ungkap Menlu Natalegawa kepada wartawan di di sela-sela pernyataan pers tahunan Menteri Luar Negeri tahun 2011 di Ruang Nusantara lantai 2, Kemenlu, Jakarta Pusat, Jumat (7/1/2011).


Lebih lanjut Menlu menambahkan ASEAN tidak hanya membutuhkan payung hukum menghadapi masalah keamanan, tetapi kebutuhan kondisi yang kondusif termasuk pula upaya membangun dialog antar agama dalam upaya menangkal aksi terorisme.

"Dialog antar agama merupakan pendekatan lain yang harus dilakukan untuk mengatasi terorisme," papar Menlu.

Meskipun banyak pihak luar yang mengkhawatirkan mengenai ketegangan antar-agama di Indonesia, Menlu menilai track record Indonesia cukup bagus dalam mengatasi ketegangan antaragama termasuk mengatasi aksi terorisme. 

Menurut dia, Indonesia berhasil memproses para pelaku teroris ke dalam ranah hukum.

"Di setiap negara demokrasi dunia selalu memiliki komunitas garis keras, namun Pemerintah Indonesia berhasil membawa pihak-pihak di komunitas ini ke dalam ranah hukum," cetus Menlu. 

okezone
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment