Clock By Blog Tips

Friday, January 7, 2011

Korut Turunkan Status Waspada Militer

SEOUL - Korea Utara (Korut) telah menurunkan status waspada militernya ke level pra-krisis seiring adanya tanda-tanda peredaan tensi di kawasan semenanjung.

Kantor berita Yonhap, mengutip pernyataan seorang pejabat Korea Selatan (Korsel), melaporkan Korut saat ini telah mencabut status waspada penuh. Status tersebut sudah ditetapkan sejak 21 November tahun lalu bersamaan dengan latihan militer Korsel di sekitar wilayah perbatasan kala itu.

"Pihak militer Korut saat ini sudah mencabut status siaga yang sebelumnya mereka tetapkan. Sebelumnya, status itu mereka tetapkan karena latihan militer di perbatasan yang kita lakukan," ujar seorang pejabat pemerintah seperti dilansir AFP pada Jumat (7/1/2011).

Di lain pihak, militer Korsel dan AS yang ada di wilayah Korsel telah secara bertahap menurunkan status waspada mereka ke level normal.

Pihak Kementerian Pertahanan Korsel masih menolak berkomentar terkait dengan laporan ini.

Tensi di kawasan semenanjung Korea sempat memanas sejak Korut melepaskan serangkaian tembakan artileri ke Pulau Yeonpyeong milik Korsel. Kecaman internasional berdatangan, namun Korut mengklaim latihan militer Korsel di daerah perbatasan telah melanggar kedaulatan Korut
 
okezone
Beware | Interesting
 

0 komentar:

Post a Comment