Clock By Blog Tips

Friday, January 7, 2011

Jepang Tunggu Tindakan Nyata Korut

Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara
WASHINGTON - Jepang mengatakan masalah nuklir Korea Utara (Korut) hanya dapat diselesaikan melalui proses negosiasi. Namun Pyongyang harus menunjukkan tindakan nyata yang menunjukkan niat baik mereka sebelum perundingan dapat dilanjutkan.

Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara mengatakan, Tokyo sangat prihatin dengan sejumlah tindakan Korut yang membahayakan stabilitas kawasan. Pernyataannya mengacu pada dua serangan Korut terhadap Korea Selatan (Korsel) tahun lalu dan pembeberan fasilitas nuklir Pyongyang. Demikian dilansir Associated Press pada Jumat (7/1/2011).

Maehara menyampaikan, hal ini setelah sesi pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton di Washington. Dia mengatakan, Korut harus lebih dulu menunjukkan tindakan nyata dengan membuka jalur perundingan dengan Korsel sebelum melanjutkan ke tahap six-party talks.

Negara-negara ini sebenarnya masih belum sepakat dengan persyaratan apa yang harus diajukan kepada Korut sebelum negara ini diperbolehkan melanjutkan perundingan. Korut sebelumnya memutuskan keluar dari perundingan ini pada 2009. Sejumlah pihak mengatakan Pyongyang harus memenuhi kewajiban yang telah dicapai bersama pada 2005, sebagai syarat melanjutkan perundingan.

Hillary mengatakan, Jepang dan AS telah melakukan konsultasi secara intensif untuk menentukan langkah- langkah mengakhiri perilaku agresif Korut dan mencapai denuklirisasi di semenanjung.
 
okezone
Beware | Interesting
 

0 komentar:

Post a Comment