Clock By Blog Tips

Monday, January 10, 2011

Korsel Akan Pasang Sensor di Pebatasan

SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) akan memasang sensor bawah laut di dekat perbatasan dengan Korea Utara (Korut). Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan yang mungkin dilakukan kapa selam milik Korut.

Pihak militer Korsel saat ini tengah berencana meletakkan sensor di sekitar pulau-pulau perbatasan di Laut Kuning. Di wilayah perairan ini, sering terjadi gesekan antara dua Korea, khususnya yang melibatkan kapal-kapal perang mereka pada 1999, 2002 dan November 2009.

Maret lalu, sebuah kapal korvet Korsel tenggelam di wilayah konflik tersebut setelah mendapatkan serangan dari sebuah kapal selam. Korsel menyebut serangan dilakukan oleh pihak Korut namun Pyongyang membantah klaim ini. Serangan terhadap kapal Korsel ini menyebabkan 46 awaknya tewas.

Pada November tahun lalu, Korut juga melancarkan serangan ke Pulau Yeonpyeong miliki Korsel. Serangan tersebut menewaskan dua marinir dan dua warga sipil dari pihak Korsel.

"Kami berencana memasang sejumlah sensor bawah laut untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan di kepulauan bagian barat laut seperti Pulau Baengnyeong dan Yeonpyeong menyusul tenggelamnya kapal Cheonan," ujar pihak militer.

Pusat kontrol untuk memonitor kinerja sensor-sensor ini akan diletakkan di pulau Baengnyeong, merupakan pulau terdekat dengan garis perbatasan dua Korea. Kementerian Pertahanan Korsel masih menolak berkomentar terkait hal ini.

Tensi kawasan memanas sejak penyerangan yang dilakukan Korut terhadap Yeonpyeong. Sejak saat itu, Seoul menggelar serangkaian latihan militer, termasuk latihan bersama dengan Amerika Serikat (AS), sebagai ajang unjuk kekuatan.
 
okezone

0 komentar:

Post a Comment