Clock By Blog Tips

Monday, January 17, 2011

China Bantah Tempatkan Pasukan di Korut

Ilustrasi :Pasukan China sudah tidak pernah lagi menginjakkan kakinya di korut sejak tahun 1994 (chinadaily.com.cn)
 
BEIJING - China telah membantah adanya diskusi dengan Korea Utara mengenai penempatan pasukan China di wilayah perbatasan.

"China tidak akan mengirimkan satu orang tentara pun ke negara lain tanpa adanya persetujuan dari PBB," ujar pejabat kementerian pertahanan.

Sura kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo, pada Sabtu kemarin mengutip pernyataan seorang pejabat di Rumah Biru kepresidenan bahwa Beijing dan Pyongyang telah mendiskusikan secara detail mengenai penempatan pasukan China di wilayah Korut di kota Rason.

Pejabat yang enggan menyebutkan namanya tersebut mengatakan bahwa pasukan China itu nantinya akan menjaga fasilitas pelabuhan China di kota tersebut, dan seorang pejabat kemanan senior mengatakan bahwa China akan akan turut campur jika Korut sudah mulai tidak stabil.

Pasukan China sudah tidak pernah lagi menginjakkan kakinya sejak tahun 1994, ketika Beijing menarik pasukan militernya saat menjadi pengawas gencatan senjata yang berakhir pada 1050-53 pada perang Korea.

Pejabat kementrian pertahanan China mengatakan bahwa hanya dalam kondisi tertentu saja pasukan China ditempatkan di luar negeri, seperti misi menjaga keamanan dan pertolongan bencana alam yang disetujui oleh PBB, demikian lansir AFP, Senin (17/1/2011).
 
okezone

0 komentar:

Post a Comment