Clock By Blog Tips

Friday, January 14, 2011

AS Awasi Pengadilan Militer Indonesia


WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memonitor ketat pengadilan tiga prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dituduh melakukan penyiksaan terhadap dua warga Papua. 

"Kami akan memonitor jalannya pengadilan kasus penganiayaan tersebut," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Phillip Crowley seperti dikutip AFP, Jumat (14/1/2011).

"Amat penting bagi Indonesia untuk melakukan reformasi atas militernya dan mendorongnya ke arah yang lebih profesional, khususnya dalam sikap individu prajurit dan penegakan HAM," lanjut Crowley.

Ketiga prajurit ini hadir di pengadilan militer, setelah sebuah video penyiksaan atas warga sipil Papua beredar luas di situs YouTube. Video yang diposting tahun lalu memperlihatkan seorang warga yang kemaluannya disulut kayu yang masih menyisakan bara api oleh prajurit TNI.

Penyiksaan ini ditengarai dilakukan sebagai bagian dari interogasi oleh para prajurit yang menanyakan persembunyian senjata, oleh warga Papua itu.

Pemerintah sendiri sebelumnya berjanji akan melakukan perubahan di tubuh TNI dan mengungkap segala bentuk penyiksaan yang terjadi di Papua dan Maluku.
"Kami akan tetap berpegang teguh atas komitmen Indonesia itu," tegas Crowley.
okezone

0 komentar:

Post a Comment