Clock By Blog Tips

Tuesday, December 21, 2010

Penerbang Hawk 100/200 Latihan Air Refuelling


Komandan Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pontianak, Letkol Pnb Tjahya Elang Blackhawk Migdiawan, mempimpin penerbang-penerbang tempur Hawk 100/200, meningkatkan profesionalisme dengan melaksanakan latihan pengisian bahan bakar di udara (Air Refuelling) menggunakan pesawat tanker C-130 Hercules di daerah Tangjung Bangkai, Mempawah, Kalimantan Barat. 
 
Latihan Air Refuelling tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme para penerbang, dan sudah menjadi kebutuhan TNI AU serta mutlak harus dikuasai para penerbang tempur, guna menambah daya jangkau pesawat tempur Hawk 100/200 dalam medan operasi sebenarnya, namun tetap dalam keadaan aman. 

            Dalam latihan ini seluruh personel Skadron Udara 1 terlibat, terdiri dari Air Crew dan Ground Crew di bawah pimpinan Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Tjahya Elang Blackhawk Migdiawan. Air Crew yang terlibat terdiri dari 13 orang penerbang dengan kualifikasi instruktur, flight leader, element leader, wingman dan siswa transisi X. Letkol Migdiawan mengatakan bahwa, latihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seluruh penerbang tempur pesawat Hawk 100/200. 

Pada pelaksanaan latihan tersebut, para penerbang Hawk 100/200 diprogramkan untuk melaksanakan secara wet (langsung mengalirkan fuel dari tanker ke pesawat tempur Hawk maupun dry (memasukkan AAR Probe ke Hose pesawat tanker tanpa mengalirkan fuel).


Puspen TNI
 

0 komentar:

Post a Comment