Clock By Blog Tips

Monday, December 20, 2010

Pasukan Korut Siaga Jelang Latihan Perang Korsel


SEOUL - Korea Utara meningkatkan kesiagaan militernya di kawasan pantai yang paling dekat dengan tempat latihan perang yang akan digelar seterunya Korea Selatan, kata kantor berita Yonhap, Minggu (19/12), mengutip satu sumber di pemerintahan setempat.

"Satuan artileri Korea Utara meningkatkan kesiapannya," kata sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

"Sejumlah jet tempur yang sebelumnya berada di dalam hanggar angkatan udara telah siap di lapangan," kata Yonhap mengutip sumber itu, tanpa mengkonfirmasi apakah senjata telah dipindahkan semakin dekat ke wilayah selatan.

Pada November, pasukan artileri Korea Utara melepaskan tembakan ke pulau Yeonpyeong dekat perbatasan laut yang disengketakan kedua negara itu, menewaskan empat orang--dua marinir dan dua warga sipil--dalam pemboman pertama ke sebuah daerah sipil sejak Perang Korea 1950-1953.

Serangan itu, yang juga melukai 15 marinir Korea Selatan serta tiga warga sipil dan menghancurkan 19 rumah, telah menambah kekhawatiran mengenai konflik di semenanjung Korea yang sudah tegang.

Korea Utara mengancam membalas lebih keras jika Korea Selatan melaksanakan rencana latihan perang di daerah itu, namun Seoul menyatakan Minggu, bahwa latihan itu akan tetap berlangsung Senin dan Selasa.

Yonhap mengatakan, persenjataan Korea Utara di kawasan itu mencakup senapan kaliber 76,2 milimeter dengan daya jangkau 12 kilometer dan peluncur roket ganda yang mampu menjangkau sasaran 20 kilometer.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat tajam sejak Korea Selatan dan AS menuduh Korea Utara mentorpedo kapal perang Seoul, yang menewaskan 46 orang.

Korea Utara membantah terlibat dalam tenggelamnya kapal itu dan mengancam melakukan pembalasan atas apa yang disebutnya latihan perang provokatif Korea Selatan yang dilakukan sebagai tanggapan atas insiden kapal tersebut.

Latihan itu, yang melibatkan 4.500 prajurit, 29 kapal, dan 50 jet tempur, merupakan salah satu dari serangkaian latihan terencana dalam beberapa bulan ini, beberapa di antaranya dilakukan dengan AS, sekutu Seoul, dalam rangka unjuk kekuatan terhadap Korea Utara.

MI

0 komentar:

Post a Comment