Clock By Blog Tips

Monday, December 20, 2010

Kabut Halau Latihan Perang Korsel

Pasukan Korea Selatan (Foto: Getty Images)
SEOUL - Kabut laut memaksa pihak Korea Selatan (Korsel) menunda latihan mereka yang dilakukan di Pulau Yeonpyeong. Sedianya, Korsel akan melakukan latihan tembak artileri yang mereka miliki.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Kim Min-Seok mengumumkan penundaan latihan di Pulau Yeonpyeong akan berlangsung selama dua jam. 

"Pihak militer akan kembali memulai latihan hari ini, asalkan cuaca mendukung," ungkap seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip AFP, Senin (20/12/2010).

Cukup menegangkan memang melihat kondisi yang terjadi di Semenanjung Korea saat ini. Sebelumnya pihak Korea Utara (Korut) mengancam akan melakukan serangan balasan jika Korsel tetap melakukan latihan. Korut bahkan mengancam akan terjadinya perang nuklir jika Korsel tetap membandel.

Sebelumnya Korsel juga melakukan latihan artileri yang dilakukan pasukan marinir mereka di Yeonpyeong pada 23 November. Korut pun membalas latihan tersebut dengan membombardir Pulau Yeonpyeong di hari yang sama. Serangan artileri Korut itu menyebabkan 4 orang warga Korsel tewas dan 18 lainnya terluka.

Mengenai latihan yang dilakukan kali oleh Korsel, pihak Korut mengancam akan merespons dengan serangan lebih mematikan, bila ada artileri yang jatuh di wilayah perairan mereka. 
 
okezone

0 komentar:

Post a Comment