Clock By Blog Tips

Wednesday, December 8, 2010

Jet Tempur Rusia Melintasi Latihan Perang AS-Jepang


MOSKOW - Jet tempur milik Rusia diketahui melintas di daerah yang menjadi tempat latihan militer Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Meski melintas, pesawat Rusia itu tidak melanggar batas wilayah udara.

Insiden ini semakin menambah ketegangan antara Jepang dan Rusia setelah Presiden Rusia Dimitry Medvedev mengunjungi sebuah pulau yang menjadi sengketa antara kedua negara November lalu.


Menurut Suratkabar Sankei, Rabu (8/12/2010), patroli udara Rusia memasuki wilayah udara di Laut Jepang di mana sedang berlangsung latihan perang antara Jepang dengan AS. Insiden tersebut menyebabkan latihan sempat tertunda.


Pihak Rusia menilai hal itu hanyalah penerbangan rutin Angkatan Udara Rusia.

"Penerbangan itu bersifat rutin dan biasa dilakukan pesawat tempur patroli kami," ungkap juru bicara komando Pasukan Asia Pasifik Rusia Roman Martov.

"Tidak ada pelanggaran internasional terjadi dalam penerbangan tersebut," lanjut Martov.


Dia menambahkan pesawat berjensis Ilyushin-38 tersebut adalah pesawat patroli maritim dan juga pesawat anti kapal selam, yang biasa beroperasi di wilayah itu.


Sekretaris Kabinet Jepang Yoshito Sengoku mengkonfirmasi keberadaan pesawat Rusia itu yang memasuki lokasi latihan perang, tetapi dirinya enggan berkomentar lebih mengenai insiden ini. 
okezone 
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment