Clock By Blog Tips

Friday, November 26, 2010

Taepodong, Rudal Korut Paling Mematikan

 Jakarta – Rudal Korut yang paling canggih adalah Taepodong. Taepodong-2 asli kini sedang digantikan dengan model lebih baru yang memiliki dua atau tiga tahapan sehingga jangkauannya lebih jauh termasuk menjakau RI.

Taepodong-1 adalah sebuah rudal dua-tahap yang terdiri dari bagian Nodong dan Scud dan dapat mencapai jarak 2.900 km. Jangkauannya ini dapat mencapai pangkalan AS di Okinawa, namun rudal tersebut dianggap kurang akurat dibandingkan Nodong.
Tapi rudal harus diluncurkan dari lokasi tetap dan memiliki waktu persiapan yang lama, yang berarti potensi peluncurannya dapat dideteksi. Korea Utara telah menguji-Taepodong 1 pada bulan Agustus 1998 dan menembakkan rudal di atas Jepang utara.


Sementara Taepodong-2 dalam jangka panjang, rudal ini diperkirakan memiliki jangkauan antara 4.000 km dan 10.000 km dan, seperti Taepodong-1 memerlukan tempat peluncuran tetap.
Peluncuran rudal pertama, pada Juli 2006 tampaknya gagal setelah jatuh dalam beberapa detik peluncuran, menurut sumber AS.

Taepodong-1


Taepodong 2
Jika rudal itu berhasil diluncurkan, kekuatan Taepodong-2 yang sudah meningkat bisa menjangkau Inggris, Australia, dan bahkan AS bagian barat hingga pertengahan.
Namun, rudal itu hanya bisa membawa muatan kecil untuk jangkauan yang maksimum dan tidak dianggap sangat akurat.

Ahli pertahanan mengatakan Taepodong-2 asli kini sedang digantikan dengan model lebih baru, yang memiliki dua atau tiga tahapan sehingga jangkauannya lebih jauh hingga 15.000 km.
Tiga tahap Taepodong-2 telah digunakan dalam usaha yang gagal untuk meluncurkan satelit pada bulan April 2009. Peluncuran secara luas dikecam oleh AS dan Korea Selatan, yang dinilai untuk menutupi tes rudal jarak jauh.[ito]

Inilah.com

0 komentar:

Post a Comment