Clock By Blog Tips

Tuesday, November 16, 2010

Susno tak tahu persoalan Gayus yang keluar-masuk tahanan

Susno Duadji Diperiksa Di Mabes Polri  

Depok - Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komisaris Jenderal Susno Duadji membantah tudingan bahwa dia sering keluar-masuk dari Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

"Iwan dalam BAP-nya tidak pernah ngomong kayak begitu," kata Susno di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 16 November 2010. Iwan, yang dimaksudkan Susno adalah  Kompol Iwan Siswanto, Mantan Kepala Rutan Mako Brimob, yang diberitakan pernah menyampaikan bahwa selain Gayus, sejumlah tahanan lain seperti Susno juga pernah keluar dari tahanan.

Ketika  ditanya lagi soal kabar seringnya dia keluar masuk tahanan, Mantan Kapolda Jawa Barat itu menggeleng keras. "Saya seorang jenderal. Tidak pernah mengulangi perkataan," tegas dia.

Susno, juga mengaku tidak tahu menahu soal pelesir Gayus Tambunan ke Bali pada 5 November lalu. "Saya tidak tahu, 'rumah'nya saja berbeda," kata Susno. Menurut jenderal bintang tiga itu, letak sel yang dihuninya dengan kamar sel Gayus berjauhan. Sehingga dia tidak tahu menahu soal keberadaan mantan pegawai dirjen pajak itu.
"Gayus itu penjaganya sama dengan [tersangka/terdakwa] teroris," ujarnya.

Susno mengaku, sejauh ini dirinya tidak diperiksa penyidik terkait kasus Gayus itu. "Saya tidak melihat, menyaksikan, jadi tidak bisa jadi saksi. Tapi kalau penyidik mau, ya silakan saja," kata dia

Setelah pernah membantah, kemarin Gayus akhirnya mengakui bahwa dirinya sering keluar-masuk tahanan. Dia bahkan mengaku bahwa foto pria yang sedang menonton tenis di Nusa Dua, Bali, adalah dirinya.
Gayus mengaku tindakan itu ia lakukan setelah melihat para pendahulu di rutan ini juga melakukan hal yang sama. Dalam sidang, Gayus mengaku ingin menyegarkan pikiran sejenak dan melepas rindu keluarga.

Akibat tindakan Gayus itu, sembilan pegawai rutan, termasuk Kepala Rutan Iwan Siswanto disangkakan pasal penyuapan karena diduga menerima uang dari Gayus.

• VIVAnews

0 komentar:

Post a Comment