Clock By Blog Tips

Tuesday, November 16, 2010

Nasdem Gelar Diskusi Restorasi Budaya Maritim

Willy Aditya
Kupang: Organisasi masyarakat Nasional Demokrat (Nasdem) bekerja sama dengan Universita Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara TImur, mengelar "Focus Group Discusion" tentang Restorasi Budaya Maritim, di Kupang, Selasa (16/11) hari ini.

Wakil Sekjend Departemen Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Renlitbang) Nasional Demokrat Willy Aditya, dalam siaran persnya, Senin (15/11) malam, mengatakan, Focus Group Discusion (FGD) bersama Undana Kupang ini merupakan kegiatan yang keempat dari sekitar 14 Universitas di Indoensia yang direncanakan untuk di datangi Nasdem.

Sebelumnya kegiatan serupa namun denan tema yang berbeda juga telah dilaksanakan dengan Universitas Sam Ratulangi di Manado, Universitas Paramadina dan Universitas Pancasila, Jakarta.

"Kegiatan-kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari rangkaian simposium nasional restorasi Indonesia Juni 2010," katanya.

Aditya yang juga ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan FGD ini bertujuan mengumpulkan masukan atau "gathering input" berupa pemikiran, metode, praksis maupun pertanayaan-pertanayaan kritis dari masyarakat akademika dalam mematangkan konsep Restorasi Budaya Maritim Indonesia.
 
"Kita harus menuntaskan jati diri bangsa sebagai penghuni negara kepulauan dan perlu mempunyai visi dan strategi yang cerdas dan kreatif untuk keluar dari paradigma agraris tradisional ke arah paradigma maritim yang rasional dan berwawasan global," katanya.

Dia mengakui bukan pekerjaan mudah mengembalikan kejayaan yang pernah dicapai Indonesia seabgai negara kepulauan yang suka melaut. Namun yang tidak mudah itu tidak berarti tidak bisa. "Kita harus bisa seperti para pendahulum bangsa ini yang dengan tekad dan kemauan untuk memulai komitmen penuh terhadap pembangunan maritim yagn sesungguhnya.

Aditya yang saat itu didampingi Wasekjen II Renlitbang Nasdem Melky Lakalena, pengurus Nasdem Pusat yang juga anggota Komisi I DPR, Enggartiarso Lukito, Mutia Hafid (anggota Komisi XI DPR) dan akademisi asal Universitas Hassanuddin, Makasar Aulia Rachman mengatakan rangkaian kegiatan yang dikemas dalam FGD ini merupakan himpunan pemikiran dari berbagai ahli dan akademisi tentang suatu tema tertentu yang akan dikontribusikan kepada Bangsa dan Negara Indonesia.

Untuk maksud tersebut dalam FGD yang digelar pada Selasa (16/11) itu akan menghadirkan Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana (Purn) Slamet Subiyanto mejadi pembicara utama di Undana Kupang dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Undana Kupang Prof Ir Frans Umbu Datta bersama dewan pakar Nasdem Mayjen (Purn) Sudrajat, PRof Dr Ignas Kleden yang dimediasi oleh Prof Dr Fred Benu dari Dewan Pakar Nasdem.(Ant/RIZ)

metronews

1 komentar:

Willy Aditya said...

mantap... kita restorasi bersama-sama!!!

Post a Comment