Clock By Blog Tips

Saturday, November 13, 2010

Kuwait Berlakukan Sanksi PBB Terhadap Iran

Kuwait: Bank sentral Kuwait memerintahkan bank-bank emirat Teluk, perusahaan investasi dan pasar valuta asing melaksanakan sanksi PBB terhadap negara tetangganya, Iran. "Perintah itu menetapkan pembekuan aset dan sumber dana yang berkaitan dengan "kegiatan atau program nuklir Iran yang sensitif", surat kabar Al-Rai mengutip edaran yang dikeluarkan bank sentral.

Koran itu mengatakan, perintah dibuat berdasarkan surat dari kementerian luar negeri yang menekankan bahwa sanksi-sanksi itu bersifat wajib. Pada Juni, PBB dan negara besar dunia memberlakukan babak sanksi keempat pada Iran karena menolak membekukan program nuklirnya yang kontroversial.

Surat edaran bank sentral itu melarang pembukaan cabang atau kantor perwakilan bagi bank-bank Iran di Kuwait dan melarang lembaga keuangan Kuwait membuka kantor atau rekening di Iran.

Iran menjadi sorotan dunia karena program nuklirnya yang kontroversial. Negara itu sebelumnya sudah dikenai tiga paket sanksi PBB karena penolakannya untuk menghentikan pengayaan uranium, salah satu dari sejumlah langkah penting untuk membuat energi nuklir bagi kepentingan-kepentingan sipil ataupun militer.

Ketegangan menyangkut program nuklir Iran memuncak setelah mereka menolak perjanjian nuklir yang ditengahi badan atom PBB dan juga mengumumkan rencana untuk membangun pabrik pengayaan uranium baru

metronews

0 komentar:

Post a Comment