Clock By Blog Tips

Wednesday, November 10, 2010

Jepang Bakal Tempatkan Tentara dekat Pulau Sengketa


Proliferation Security Initiative (PSI) diikuti oleh Korea Selatan, 
AS, Australia, dan Jepang di Busan, Korea Selatan (12/10).

Tokyo -Jepang sedang menimbang akan menempatkan tentaranya di sebuah pulau Jepang terpencil di Laut Cina Timur untuk memantau aktivitas laut Cina yang meluas yang telah memicu kecemasan tetangganya. Demikan tulis sebuah koran di Jepang yang terbit hari ini.

Kementerian Pertahanan Jepang berniat menciptakan sebuah “tim pengawasan keamanan pesisir” dengan misi utama untuk memantau dengan radar aktivitas laut Cina, tulis Yomiuri Shimbun yang mengutip sumber-sumber di kementrian itu. Pejabat pertahanan bilang tengah menimbang penempatan 200 orang tentara di Yonaguni, pulau paling barat milik Jepang, yang berjarak hanya sekitar 100 km timur Taiwan.

Menurut Yomiuri, militer Jepang secara reguler mengirim kapal patroli ke wilayah itu tapi belum ada fasilitas pengawasan di sana. Seorang pejabat pertahanan membantah laoran itu, sembari mengatakan belum ada keputusan yang telah diambil.

Peningkatan aktivitas laut Cina telah memicu sebuah pemikian kembali dimana Jepang telah menimbang mengirim lebih banyak tentara ke pulau selatan yang tersebar dan jauh dalam lokasi-lokasi era Perang Dingin di bagian utara dekat dengan Rusia.

Tempo

0 komentar:

Post a Comment