Clock By Blog Tips

Wednesday, October 27, 2010

Pertama Kali, Petinggi Kepolisian Taiwan Kunjungi China

 TAIPEI-- Kepala kepolisian Taiwan terbang ke Beijing, Selasa (26/10), menjadikannya pejabat polisi Taiwan berpangkat paling tinggi yang pernah mengunjungi daratan China.

Wang Cho-chiun, direktur jendral Badan Kepolisian Nasional Taiwan, dan 16 anggota delegasinya akan bertemu dengan Menteri Keamanan Publik China Meng Jiangzhu, dalam pertanda lainnya dari hubungan yang meningkat.

"Tujuan kunjungan itu adalah untuk meningkatkan kerjasama mengenai cara-cara untuk memerangi kejahatan pada kedua belah pihak," kata Badan Kepolisian Nasional dalam satu pernyataan.

Taiwan dan tetangga raksasanya itu telah menempa perjanjian pada April 2009 mengenai kerjasama pengadilan dan upaya bersama untuk mengalahkan kejahatan yang meningkat sebagai efek samping yang tak diinginkan dari pertukaran yang lebih sering lintas Selat Taiwan.

Sejak penandatanganan perjanjian itu, polisi di Taiwan dan China telah menangkap 1.254 orang dari kedua belah pihak dengan tuduhan kecurangan, kata badan tersebut. Wang juga akan mengunjuni Shanghai dan juga provinsi Jiangsu dan Zhejiang di China timur sebelum kembali ke Taiwan Selasa pekan depan.    

Kunjungan itu terjadi setelah Chen Zhimin, wakil menteri untuk keamanan publik China, melakukan kunjungan ke pulau itu bulan lalu. Hubungan antara Taiwan dan China, yang terpisah pada akhir perang saudara pada 1949, telah meningkat mencolok sekali setelah Ma Ying-jeou dari partai Kuomintang yang bersahabat dengan China merebut kekuasaan pada 2008 berdasar program meningkatkan hubungan perdagangan dan membolehkan masuk lebih banyak wisatawan China.

mediaindonesia.com

0 komentar:

Post a Comment