Clock By Blog Tips

Tuesday, April 10, 2012

TNI AU Persiapkan Modernisasi Alutsista


Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Imam Sufaat, mengatakan TNI AU mempersiapkan diri untuk modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista). Cara yang dilakukannya adalah dengan meningkatkan dedikasi dan profesionalisme prajurit.

"Kita akan tingkatkan persiapan personel dan satuan TNI AU untuk menyongsong modernisasi alutsista," kata Imam dalam sambutannya pada peringatan HUT Ke-66 TNI AU di Halim Perdanakusuma Jakarta di Jakarta, Senin (9/4). Selain sebagai penjaga dan pelaksana alutsista, katanya, TNI AU harus memelihara dan mengoperasikan alutsista secara optimal karena operasi penerbang tidak lepas dari risiko.

"Risiko itu jika gagal dikelola akan menimbulkan potensi terjadinya insiden atau 'accident' yang secara langsung akan menurunkan kesiapan operasi tempur yang saat ini sangat terbatas. Kita sadari bahwa untuk mencapai "zero accident" bukan pekerjaan yang mudah, perlu ada upaya yang sungguh-sungguh, terpadu, bersinergi terus menerus dan berkelanjutan," katanya.

Selain itu, katanya, hal yang perlu diperbaiki menyangkut budaya safety yang berdasarkan kepada kejujuran, keterbukaan, dan profesionalitas para perwira TNI. Ia meminta para prajurit mengembangkan dan meningkatkan budaya disiplin dalam berbagai lingkup kegiatan, khususnya berkaitan dengan operasional penerbangan sehingga terwujud keselamatan untuk semua.

Selain itu, katanya, prajurit TNI harus meningkatkan soliditas sesama angkatan udara, TNI, dan polri untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI. Ia mengatakan, prajurit TNI AU harus meningkatkan disiplin, dedikasi, loyalitas, dan motivasi sebagai insan dirgantara yang mengabdi kepada bangsa dan negara.



Sumber : Republika

0 komentar:

Post a Comment