Clock By Blog Tips

Wednesday, April 18, 2012

TNI-AL Uji Coba Helikopter NBell 412EP PTDI


Bandung, -. TNI-AL melaksanakan uji coba pesawat helikopter NBell 412EP buatan PT Dirgantara Indonesia dengan melakukan penerbangan Bandung - Jakarta, Selasa. Heli kedua pesanan TNI-AL dari PTDI itu diterbangkan langsung oleh Kepala Pusat Penerbang TNI-AL (Penerbal) Laksamana Pertama TNI Sugianto yang take off pukul 09.30 WIB.
 
TNI-AL memesan tiga unit NBell 420EP kepada PTDI. Satu unit sudah diserahkan, sedangkan satu diantaranya yang diujicobakan Selasa ini, satu lainnya akan diselesaikan akhir 2012.

Kepala Humas PTDI Rakhendi menyebutkan, pesawat kedua tersebut sudah rampung dan akan diuji coba oleh jajaran Penerbal dalam beberapa hari ke depan. "Uji coba ini merupakan tes pembelian, yang akan dilakukan oleh jajaran Penerbal yang didampingi pilot dari PTDI. Jenisnya heli angkut personil," kata Rakhendi.



Rencananya, TNI AL akan menambah pembelian dua pesawat sejenis kepada PTDI untuk memperkuat jajaran helikopeternya.

Selain itu, TNI AL juga memesan empat unit pesawat CN-235 MPA untuk patroli maritim. Sebelumnya TNI AL juga mengoperasikan N-219 untuk patroli maritim.

TNI AD juga melakukan pemesanan empat pesawat helikopeter NBell 412EP itu, dua unit diantaranya sudah diserahkan, sedangkan dua lainnya masih dalam finishing.

Helikopter NBell 412EP yang bermesin Twin Turbine Pratt & Whitney PT6T-3D 1800SHP merupakan helikopeter ukuran sedang yang bisa mengangkut dua pilot dan 13 penumpang. Heli tersebut digunakan sebagai pesawat pengangkut personil dan cocok untuk operasi militer maupun operasi non militer atau sipil. "Heli ini merupakan pesawat N-Bell terbaru yang dibuat PTDI, TNI AD dan TNI AL merupakan costumer pertamanya," kata Rakhendi menambahkan. 
 
 
 
Sumber : Analisa
 

0 komentar:

Post a Comment