Clock By Blog Tips

Thursday, April 5, 2012

HMS Dauntless Berangkat ke Atlantik Selatan


Inggris memberangkatkan kapal perusak terbarunya, HMS Dauntless, ke kawasan Samudera Atlantik Selatan, Rabu (4/4/2012). Keberangkatan kapal tersebut terjadi di tengah ketegangan Inggris dengan Argentina terkait peringatan 30 tahun Perang Malvinas.

Kapal perusak Type 45 yang baru dioperasikan AL Inggris (Royal Navy) tahun 2010 itu meninggalkan pangkalannya di Portsmouth di bagian tenggara Inggris, Rabu pagi waktu setempat, untuk menjalankan misi selama enam bulan di wilayah Atlantik Selatan. Pihak Royal Navy tidak menyebutkan negara mana saja yang akan dikunjungi kapal itu, tetapi diduga HMS Dauntless akan singgah di negara-negara di Afrika barat dan Afrika selatan.

Argentina sebelumnya menyebut rencana penugasan kapal perusak tersebut sebagai usaha Inggris untuk memiliterisasi sengketa Kepulauan Falkland (Malvinas). Namun pihak Inggris berkeras misi tersebut adalah misi patroli rutin.

HMS Dauntless akan menggantikan kapal fregat HMS Montrose, yang sebelumnya menjalankan misi patroli di kawasan Atlantik Selatan itu. "Kami sekarang siap untuk mengukuhkan kehadiran kami di kawasan tersebut dan melindungi berbagai kepentingan Inggris di sana," tutur komandan HMS Dauntless Kapten Will Warrender.

Menurut Warrender, kapal yang ia pimpin adalah kapal perang tercanggih yang pernah dibuat Inggris. "Misi kapal ini adalah melindungi armada dari serangan udara dengan menggunakan rudal Sea Viper, yang bisa menghajar sasaran di udara hingga jarak 70 mil (115 kilometer) jika diperlukan," papar Warrender. 


Sumber : Kompas

Baca Juga

0 komentar:

Post a Comment