Clock By Blog Tips

Wednesday, March 14, 2012

Rusia-Iran Bisa Perkuat Keamanan di Suriah


Teheran - Rusia yang kuat dan Iran yang independen dapat memainkan peran konstruktif dalam mendukung kepentingan nasional dan keamanan di Suriah dan kawasan. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, Senin (12/3). Dia membuat pernyataan ini dalam pertemuan dengan Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Yevgeny Lukyanov yang sedang berkunjung ke Iran.

Salehi menyerukan pengembangan lebih lanjut hubungan antara Teheran dan Moskow di berbagai bidang. "Iran dan Rusia dapat memainkan peran konstruktif dalam membantu meningkatkan keamanan di Suriah dan reformasi ekonomi serta politik di negara ini," lanjutnya seperti diberitakan kantor berita Iran, IRNA, Selasa (13/3).

Pihaknya juga mengecam pendekatan paradoks sejumlah negara barat atas kerusuhan di Suriah dan serangan-serangan rezim Zionis Israel terhadap Gaza. Sejumlah negara itu melakukan pendekatan yang salah dalam mendukung intervensi militer dan politik di negara-negara tertentu dapat memicu terorisme dan ekstremisme serta ketidakstabilan regional.

Hal serupa disampaikan Lukyanov. Dia mengecam pendekatan barat yang terburu-buru terhadap perkembangan regional sebagai sumber ketegangan dan krisis ekonomi, serta meminta perluasan hubungan antara Teheran dan Moskow di berbagai bidang.



Sumber : Republika


0 komentar:

Post a Comment