Clock By Blog Tips

Tuesday, January 24, 2012

Pasukan Super Elit JSOTF-GCC Telah Disusupkan Ke Iran


Ketegangan antara AS dan Iran berada di titik tertinggi, setelah Republik Islam Iran mengancam untuk menutup jalur air vital (Hormuz) maka segera dua kapal perang pengangkut pesawat di kirim ke laut lepas dipantai Iran. Bahkan kabar terakhir, Kapal induk USS Abraham Lincoln, tiba di Laut Arab. Sementara itu pasukan super elit AS sudah dipersiapkan diperbatasan Iran.

Komando Operasi Khusus AS menyatakan bahwa tim komando elit terbaru telah beroperasi di wilayah perbatasan dan sebagian diantaranya telah menyusup ke Iran. Pasukan super Elit yang memiliki nama sandi Joint Special Operations Task Force-Gulf Cooperation Council (JSOTF-GCC) ini adalah gabungan pasukan elit NATO, Israel dan negara-negara teluk sekutu NATO.  Gugus tugasnya adalah menyediakan “personil yang sangat terlatih yang unggul dalam lingkungan yang tidak pasti,” kata Mayor Rob Bockholt, juru bicara pasukan operasi khusus di Timur Tengah.

Unit ini keberadaannya mulai pada pertengahan-2009 – dibentuk setelah pemimpin tertinggi Iran menolak tawaran dialog diplomatik Presiden Obama.

Tidak ada bukti langsung bahwa JSOTF-GCC telah terlibat dalam aksi serangan terhadap Iran. Mereka sangat terlatih dan rapi dalam beroperasi. Tetapi dugaan bahwa mereka adalah master mind atas terbunuhnya Mostafa Ahmadi Roshan pekan lalu, sangat sulit dipungkiri.

Operasi pasukan khusus Dewan Teluk ini telah menunjukkan peningkatan yang menonjol selama tahun lalu. Komando Qatar terbukti mampu menyusup ke Libya menjelang kejatuhan Moammar Gadhafi untuk mempersiapkan pemberontak Libya, dan ikut terjun langsung ketika merebut Tripoli. Uni Emirat Arab, sekutu dekat AS lainnya, juga telah membuat pasukan super elit, bahkan mempekerjakan pendiri Blackwater untuk meningkatkan program pelatihan mereka.

Tidak banyak rincian yang tersedia tentang gugus tugas ini. Ada jejak yang bisa ditelusur bahwa keberadaan markas komando mereka ada di di sekitar markas Naval Special Warfare Unit Three, salah satu tim super elit Navy SEAL. Mereka banyak beroperasi bersama, dan setiap unit kecil dikomandani oleh seorang kapten.

Sumber : mbahwo

0 komentar:

Post a Comment