Clock By Blog Tips

Tuesday, January 17, 2012

Latihan Militer AS-Israel Ditunda Karena Ancaman Iran


Tel Aviv - Sebelumnya soal penundaan latihan militer gabungan Israel dan Amerika juga telah diumumkan oleh salah seorang pejabat Kementrian Pertahanan Israel. Akan tetapi, saat itu pejabat senior militer yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan, penundaan tersebut karena terkendala masalah biaya. Namun, alasan sebenarnya kini sudah diklarifikasi Menlu Israel.

Menurut Menlu Israel, latihan itu ditunda karena kondisi politik di Timur Tengah saat ini sedang tidak menentu akibat ancaman Iran yang akan menutup Selat Hormuz jika ada kapal milik AS melewati jalur distribusi minyak Timur Tengah ke Eropa itu.

Dilaporkan, latihan gabungan militer AS-Israel itu dinamakan "Austere Challenge 12, seharusnya dilaksanakan pada September 2012 ini, tetapi kini ditunda menjadi akhir tahun ini.

Seperti dilaporkan Yahoo News, Senin (16/1), latihan militer di antara dua sekutu tersebut akan tercatat sebagai yang terbesar pada 2012 ini.

Banyak pihak menilai, latihan tersebut merupakan salah satu upaya AS dan Israel untuk menunjukkan kekuatan militer mereka di tengah-tengan ancaman Iran yang menolak untuk membatalkan program nuklirnya itu.

Iran selama ini bersikukuh, program pembangunan nuklir mereka bertujuan damai, tetapi dunia internasional tidak memercayai itu.
 
 

0 komentar:

Post a Comment