Clock By Blog Tips

Thursday, January 26, 2012

AS dan Korsel Kembali Gelar Latihan Perang Gabungan


Disela-sela transisi kekuasaan yang terjadi di Korea Utara, militer Amerika Serikat dan Korea Selatan akan menggelar latihan perang gabungan dalam beberapa pekan ke depan, demikian dikatakan seorang pejabat, Rabu.

Kedua negara "sedang mempersiapkan bagi latihan Key Resolve", kata juru bicara militer kepada AFP, dan menambahkan jadwal itu belum tuntas.


Laporan-laporan media mengatakan latihan itu-- yang Korut tuduh sebagai penghasut perang-- akan tetap dilaksanakan sesuai rencana.

Pyongyang tahun lalu mengancam satu tanggapan militer pada latihan Key Resolve selama dua minggu itu, yang biasanya diikuti latihan angkatan udara, darat dan laut yang dikenal sebagai Foal Eagle akan berlangsung selama beberapa minggu.

Seperti diketahui, tahun lalu AS melibatkan 12.300 tentara dan Korsel sekitar 200.000 personil militer dalam latihan perang. 


Seoul dan Washington, yang menggelar 28.500 tentara di Korsel, mengatakan latihan itu adalah defensif dan rutin tetapi Korut biasanya menyebut itu satu latihan bagi satu invasi.

Dan latihan Key Resolve tahun ini akan dimulai 27 Februari, kata surat kabar JoongAng Daily.


"Benar bahwa kami telah mempertimbangkan apakah akan tetap melakukan latihan itu atau tidak setelah kematian Kim pemimpin Korut itu akhir tahun lalu." kata seorang pejabat senior Seoul yang tidak disebut namanya.

"Tetapi latihan perang Korut dalam uisim dingin akan dilanjutkan dan ancaman-ancaman militer masih tetap ada, jadi kami memutuskan akan tetap melaksanakan latihan militer sesuai rencana."


Angkatan Udara Korut melakukan latihan kembali dalam musim dingin ini kendatipun kematian Kim, kata kantor berita Korsel Yonhap, Selasa.

Pada Rabu Yonhap yang mengutip pernyataan satu sumber mengatakan Key Resolve akan dimulai 27 Februari dan akan berlangsung selama dua pekan.


Rezim baru Pyongyang mengancam akan membalas tindakan Seoul karena tidak menghormati periode belangsungkawa untuk mantan pemimpin mereka yang meninggal itu.

0 komentar:

Post a Comment