Clock By Blog Tips

Wednesday, November 16, 2011

Kunjungan Obama ke Australia Bahas Isu Keamanan


Kunjungannya ini diperkirakan akan fokus kepada penguatan persekutuan militer diantara kedua negara. Dalam pidato di parlemen Australia, Kamis (17/11), dia direncanakan akan memberikan gambaran tentang perluasan peran AS di kawasan.

Dia juga menjadi pemimpin AS pertama yang mengunjungi Darwin, yang kemungkinan besar akan mendorong kehadiran militer AS di kawasan tersebut sebagai bagian dari kesepakatan baru.

Pengamat menilai AS melihat Australia sebagai sekutu penting di kawasan Asia Pasifik terutama untuk menghadang pertumbuhan Cina di kawasan.

Kunjungan Obama ini sekaligus menandakan 60 tahun persekutuan keamanan diantara kedua negara.

Strategi Penting
Presiden AS berkunjung ke AS usai menghadiri forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik akhir pekan lalu di Honolulu.

Dia disambut di bandara Canberra oleh Perdana Menteri Julia Gillard, dan kemudian menerima upacara penerimaan resmi di Gedung Parlemen.

Dia berdiri dengan tangan menempel di dada ketika lagu The Star Spangled Banner dikibarkan. Usai bertemu Gillard, kedua pemimpin negara dijadwalkan menggelar keterangan pers bersama. Kamis (17/10) besok Obama dijadwalkan berpidato di parlemen dan menjadi kunci perjanjian dalam kunjungannya kali ini.

Saat di Darwin, dia akan mengunjungi monumen Perang Dunia II untuk menghormati tentara AS dan Australia.

Sejumlah laporan menyebutkan, sementara Obama di Australia, kedua belah pihak akan mengumumkan latihan militer bersama di Kawasan Utara Australia dan meningkatkan akses AS ke pangkalan Australia. Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith mengatakan perluasan kerjasama ini adalah sebuah langkah yang ''penting dan praktis''.

"Apa yang kami miliki dalam pemikiran adalah perluasan akses ke fasilitas, peningkatan pelatihan. Ini akan efektif menjadi kelanjutan dan pengembangan dari apa yang sudah kami lakukan,'' katanya kepada ABC Australia News.

Obama sebelumnya dua kali membatalkan kunjungan ke Australia - Maret 2010 disaat dia berjuang meloloskan UU Reformasi Kesehatan dan Juni ditahun yang sama akibat tumpahan minyak di Teluk Meksik0.
Setelah dari Darwin, Obama akan terbang ke Indonesia untuk menghadiri KTT pemimpin Asia.



Sumber : BBC

0 komentar:

Post a Comment