Clock By Blog Tips

Wednesday, June 15, 2011

Cina tak akan gunakan kekuatan


Cina menyatakan 'tidak akan menggunakan kekuatan' untuk menyelesaikan sengketa batas wilayah maritim Laut Cina Selatan.

Beberapa negara Asia mengklaim wilayah di perairan Laut Cina Selatan, perairan yang mencakup rute pelayaran penting dan mungkin memiliki simpanan minyak dan gas.
Hari Senin, Vietnam menggelar latihan militer dengan peluru tajam setelah beberapa pekan ketegangan memuncak dalam hubungan Cina-Vietnam.

Aparat Vietnam juga telah mengeluarkan surat keputusan mengenai warga yang akan mendapat dispensasi dari panggilan wajib militer.

''Kami tidak akan menggunakan kekuatan atau ancaman kekuatan,'' kata juru bicara kementerian luar negeri Cina Hong Lei.

Hong juga mengutuk segala tindakan yang memperuncing sengketa, seraya menyeru semua yang terlibat ''berbuat lebih banyak langkah yang bermanfaat bagi perdamaian kawasan dan stabilitas''.

Selain Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Taiwan juga mengaku berhak atas kawasan yang sama.

Cina menyatakan lebih memilih untuk berunding dengan masing-masing negara tersebut secara terpisah.

Personel AL Vietnam menembakkan peluru tajam dalam latihan perang (13/6)
Personel AL Vietnam menembakkan peluru tajam dalam latihan perang (13/6)

Dalam pesan yang tampaknya ditujukan kepada Cina bahwa Vietnam siap mempertahankan posisi, pemerintah Vietnam mengeluarkan keputusan yang menetapkan warga yang akan mendapat dispensasi dari wajib militer pada masa perang. 

Keputusan untuk mengumumkan daftar delapan contoh warga negara Vietnam yang tidak akan diwajibkan untuk mengikuti wajib militer.

Mereka termasuk orang yang mengisi jabatan senior di lembaga negara dan mereka yang bertugas mengawaki badan layanan yang sangat diperlukan, seperti operator mercusuar.

Wartawan BBC di kawasan Asia Tenggara Rachel Harvey mengatakan arti penting pengumuman itu bukanlah dispensasi itu sendiri, melainkan pemilihan waktu keputusan tersebut dikeluarkan.

Perkembangan ini berlangsung satu hari setelah AL Vietnam mengadakan latihan militan yang dikatakannya rutin, tapi ditafsirkan oleh setidaknya salah satu koran Cina sebagai unjuk kekuatan yang disengaja.

Vietnam terlibat dalam sengketa yang kembali menyeruak dengan Cina atas kedaulatan dua gugusan pulau di Laut Cina Selatan: Spratly dan Paracel.

Ketegangan meningkat menyusul dua konfrontasi terpisah yang melibatkan kapal Vietnam dan Cina baru-baru ini.







bbc.co.uk

0 komentar:

Post a Comment