Clock By Blog Tips

Wednesday, June 15, 2011

Tentara Suriah melakukan "bumi hangus"


Tentara Suriah melakukan pembumihangusan di desa-desa di sekitar Jisr al-Shughour

Tank-tank Suriah menjelajahi kota-kota dan desa-desa di dekat perbatasan Turki, memperluas penumpasan terhadap proets rakyat yang telah berlangsung 12 minggu.

Damaskus mengatakan pasukannya mengejar pemberontak di kawasan pedesaan di sekitar Jisr al-Shughour setelah memperkuat penguasaan atas kota di bagian utara itu.

Para saksi mata mengatakan tentara menjalankan strategi "bumi hangus", dengan menghancurkan rumah-rumah dan tanaman pangan sementara rakyat melarikan diri.

AS, sementara itu, kembali meminta Suriah agar menghentikan penumpasannya.

Damaskus menekankan pihaknya menumpas kelompok bersenjata yang dikatakannya menyerang pasukan keamanan dan menjarah desa-desa.

Tetapi sebagian dari beberapa ribu warga Suriah yang lari ke Turki mengatakan "penjahat" tentara dan serdadu sewaan propemerintah melakukan pengrusakan, membakar rumah-rumah kosong dan mencuri apa saja yang mereka dapatkan.

Para pengungsi dan pegiat yang masih berada di dalam Suriah mengatakan tentara dan tank mengepung dan menggempur desa-desa di sebelah timur dan utara Jisr al-Shughour, menyebabkan kerusakan dahsyat di jalur yang mereka lewati.

"Situasinya tragis," kata seorang pria kepada BBC Arab. Dia mengatakan, dia melarikan dari Jisr al-Shughour.

"Tentara dan para penjahat menteror warga dan menakut-nakuti penduduk sipil. Pada saat ini terjadi penjarahan."





detik

0 komentar:

Post a Comment