Clock By Blog Tips

Tuesday, April 12, 2011

Singapura Tambah Armada Militer di Teluk Aden


Pemerintah Singapura untuk pertama kalinya mengirimkan pesawat angkatan udaranya ke Teluk Aden pada Senin pagi, 11 April 2011. Pesawat ini akan bergabung dalam gugus tugas internasional melawan ancaman bajak laut Somalia.

Seperti dilansir dari laman Asia one, Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) menurunkan pesawat Fokker 50 Pemantau Maritim untuk bertugas selama tiga bulan di Teluk Aden. Pesawat ini akan bergabung dengan pasukan internasional Gugus Tugas 151.

Pesawat yang akan bersiaga di Djibouti ini akan melakukan pemantauan udara untuk memetakan situasi di Teluk Aden. Pesawat yang dapat memuat 38 orang ini akan membawa serta pasukan darat, udara dan komunikasi dari SAF.

Gugus Tugas 151 yang dibentuk pada 2009 bertugas untuk menjaga keamanan pesisir timur Somalia dan Teluk Aden dari ancaman bajak laut Somalia. Daerah cakupan gugus tugas ini adalah 1,1 juta mil persegi.

Gugus tugas ini merupakan pasukan internasional yang terdiri pasukan gabungan 20 negara, di antaranya adalah Singapura, Korea Selatan, Kanada, Denmark, Prancis, Belanda, Pakistan, Inggris dan Amerika Serikat.

Sejak gugus tugas ini terbentuk, Singapura telah mengirimkan dua tim SAF ke Teluk Aden. Total, terdapat 302 tentara Singapura di teluk ini.

Rencana berikutnya, Singapura akan mengirimkan kapal pengangkut tank dan dua helikopter Super Puma pada pertengahan tahun depan. 





VIVAnews 

0 komentar:

Post a Comment