Clock By Blog Tips

Monday, March 14, 2011

India, Sebagai Importir Senjata Terbesar


STOCKHOLM - Sebuah laporan dari lembaga penelitian internasional menyebut India menggeser posisi Cina sebagai negara importir senjata terbesar di dunia. Lembaga penelitian Stockholm International Peace Research Institute menyebutkan impor senjata India mencapai sembilan persen dari keseluruhan nilai pembelian senjata yang terjadi di dunia dalam kurun waktu 2006-2010.

Seperti dikutip dari "AP" dan dilansir "BBC", seperlima dari senjata yang diimpor oleh India ini berasal dari Rusia. Dalam kajiannya lembaga itu juga menyebutkan dalam kurun waktu tersebut sejumlah negara juga meningkatkan anggaran pembelian senjatanya. Mereka adalah Uni Emirat Arab, Israel, Mesir, dan Aljazair. Posisi India sebagai importir senjata terbesar ini kemungkinan akan bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Cina yang selama ini menjadi negara pengimpor terbesar mulai bergeser posisinya karena negara itu berhasil mengembangkan industri senjata dalam negeri, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh India. "Dari senjata yang mereka pesan saat ini, kami tahu bahwa dalam kurun waktu dua tahun kedepan India akan menjadi negara pemgimpor senjata terbesar di dunia," kata Siemon Wezeman, peneliti senior di lembaga tersebut.

Pemerintah India melalui Juru Bicara Menteri Pertahanannya, Sitanshu Kar menolak untuk berkomentar karena mengaku belum membaca laporan penelitian itu.

Laporan itu menyebutkan anggaran pertahanannya India untuk tahun depan adalah US$ 32,5 miliar atau lebih tinggi 40 persen dari anggaran pembelian senjata dua tahun lalu. Peningkatan anggaran pertahanan India ini terjadi ditengah menguatnya pengaruh kekuatan Cina di kawasan regional dan jalur pelayaran di Samudera Hindia.

New Delhi melihat langkahnya dapat meningkatkan pengaruhnya di kawasan tersebut. Langkah India ini juga merupakan upaya untuk meredam kekuatan negara tetangganya, Pakistan yang masih kerap bertikai di wilayah perbatasan.
 
 
 
 
 
 
PRLM

0 komentar:

Post a Comment