Clock By Blog Tips

Thursday, January 13, 2011

Korsel: Korut Akan Buat Bom

SEOUL - Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) meyakini program pengayaan uranium yang dilakukan Korea Utara (Korut) bertujuan menciptakan senjata nuklir. Pernyataan ini bertentangan dengan apa yang disampaikan Korut bahwa mereka menjalankan program nuklir untuk tujuan damai.

"Saya rasa (pengayaan uranium) ini adalah usaha menciptakan bom nuklir dengan bahan plutonium," ujar Kim Sung-hwan seperti dilansir AFP pada Kamis (13/1/2011).

Tindak-tanduk Korut tahun lalu, di mana Korut mengungkapkan keberadaan fasilitas pengayaan uranium modern miliknya kepada seorang pakar Amerika Serikat (AS), memunculkan dilema keamanan bagi Korsel.

Korut mengatakan pabrik pengayaan nuklir itu akan digunakan untuk membangun reaktor air ringan yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.

Namun sejumlah pejabat senior AS khawatir fasilitas ini akan dialihfungsikan memproduksi senjata pemusnah massal

Korut keluar dari six-party talks pada April 2009. Padalah, perundingan ini adalah salah satu upaya terbaik untuk meminta Korut menghentikan program nuklirnya. Tidak lama setelah itu, Korut langsung melakukan ujicoba senjata atom, yang kedua dalam satu dekade terakhir.
 
okezone
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment