Clock By Blog Tips

Thursday, December 16, 2010

Tentara AS Dihukum karena Tolak Ditugaskan ke Afghanistan

Let.Kol. Terrence Lakin

WASHINGTON - Seorang dokter yang bertugas di jajaran militer Amerika Serikat terancam hukuman 3,5 tahun penjara karena menolak perintah untuk ditugaskan ke Afghanistan.

Dilaporkan BBC, Kamis (16/12), Terrence Lakin yang berpangkat Letnan Kolonel diajukan ke mahkamah militer setelah dengan tegas menyatakan tidak bersedia ditugaskan ke Afghanistan. Alasan dasar yang dipakai Lakin menolak perintah adalah karena ia menganggap Presiden Barack Obama, sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata, tidak wajib ditaati karena Obama sebenarnya tidak sah menjadi presiden.

Obama, menurut Lakin, tidak lahir di wilayah AS. Padahal, menurut konstitusi, seorang presiden harus lahir di AS. Dan ini semua membuat perintah Presiden Obama, tidah sah dan karena itu tidak wajib ditaati.

Pandangan Lakin ini didukung oleh sebagian kecil kalangan di AS, yang menamakan gerakan birther, yang mempertanyakan keabsahan Obama menjadi presiden. Sejumlah pihak lain menentang gerakan ini karena fakta menunjukkan Obama lahir di Hawaii, yang termasuk wilayah AS.

Meskipun hal tersebut masih bertentangan, namun karena pembangkangannya, selain terancam hukuman penjara, Lakin juga bisa dipecat dari dinas militer karena mahkamah militer menyatakan dirnya telah terbukti bersalah.(BBC/pj/OL-10)

MI

0 komentar:

Post a Comment