Clock By Blog Tips

Saturday, December 18, 2010

Menhan AS Tegaskan Pentingnya Kerjasama Kopassus

WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates menyatakan negaranya perlu membuka kembali hubungan dengan Kopassus. Hal ini terkait dengan reformasi di tubuh militer Indonesia dalam dekade terakhir.

Komentar Gates ditercantum dapat bocoron kawat diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) oleh WikiLeaks yang diperoleh dari the Sidney Morning Herald, Jumat (17/12/2010).

Namun menurut seorang pengamat militer Indonesia untuk the Australian Defence Force Academy Professor Clinton Fernandes, bocoran kawat tersebut sepertinya tidak menunjukan pemberitahuan kepada anggota Kongres AS Patrick Leahy mengenai alasan Presiden AS Barack Obama mengenai pembukaan kembali hubungan dengan Kopassus.

Bocoran kawat diplomatik AS yang diperoleh selama empat tahun ini mengungkapkan adanya lobi intens dari Pemerintah Indonesia mengenai upaya pencabutan larangan bantuan bagi Kopassus ini. Lobi-lobi ini sendiri juga didukung oleh pihak Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Lebih lanjut bocoran kawat tersebut menyebutkan alasan Pemerintah AS kembali bekerja sama dengan Kopassus adalah hubungan militer Australia dengan pasukan khusus Indonesia itu. Pada bocoran kawat April 2007 mengatakan, "Australia kerap mendorong kami (AS) untuk kembali memberikan pelatihan kepada Kopassus".

Namun banyak pula bocoran kawat yang menyebutkan kekhawatiran AS saat membuka kembali kerjasama dengan Kopassus. Pada kawat diplomatik Oktober 2007, pihak Kedubes AS melaporkan kepada Washington, "Indonesia belum menghukum pelanggar HAM di masa lalu"
okezone

0 komentar:

Post a Comment