Clock By Blog Tips

Friday, December 10, 2010

Alat Pendeteksi Tembakan Dipasang di Kawasan Birmingham

Alat Pendeteksi Asal Suara Tembakan
(otakku.com)
BIRMINGHAM .- Alat sensor yang digunakan di AS untuk mendeteksi tembakan senjata api, kini dipasang di sejumlah kawasan Birmingham yang tinggi jumlah insiden penembakannya.
Inilah pertama kali Sistem Deteksi Lokasi Tembakan --yang bisa menangkap suara tembakan dalam radius 25 meter-- dipasang di Inggris.

Kepolisian West Midlands mengatakan alat sensor itu dipasang tinggi di atas sejumlah gedung di daerah barat laut kota itu. Sistem berbiaya Rp 2 miliar itu merekam suara dan mengirimkan lokasi GPS kepada polisi.

Seorang petugas kepolisian yang dilatih untuk mendengar klip audio itu kemudian akan membuat keputusan tentang apa yang mereka dengar sebelum mengerahkan anggota. Sistem yang dibiayai oleh Departemen Dalam Negeri melalui Kemitraan Birmingham Aman, memiliki tingkat akurasi 85%, kata Kombes Chris McKeogh.

Sistem ini bisa menangkap dan menjelaskan adanya tembakan beruntun, atau apakah tembakan dilakukan dari lokasi diam atau bergerak. Kemudian bisa juga diketahui jumlah senjata yang digunakan dan urut-urutan penembakan, menurut pabrik yang membuatnya. Sistem itu diberlakukan di lebih 50 kota di Amerika Serikat sejak 1995.

"Gelombang suara yang dihasilkan peluru memiliki tanda khusus, kira-kira begitu. Dan gelombang suara itu bisa dikenali oleh para petugas kami di ruang kendali karena mereka ini dilatih untuk mendengarkannya," kata McKeohg.

"Tembakan atau rangkaian tembakan di luar sangat bisa dideteksi. Sedangkan di dalam, atau dengan alat peredam, pendeteksiannya tidak bagus. Tentu ini bisa dipahami," tambahnya.

Sistem yang disebut Project Safe and Sound itu mulai aktif hari Kamis. Sistem ini digunakan di unit keamanan lokal Birmingham barat dan tengah. Angka-angka menunjukkan satuan itu memiliki tingkat tertinggi kejahatan bersenjata di antara polsek-polsek lainnya di Birmingham.

Satu laporan kepolisian mengatakan, angka tinggi itu membuat penggunaan sistem itu beralasan kuat, dan tidak bermaksud membidik komunitas kulit hitam maupun Asia selatan. Alat-alat sensor itu dipasang di gedung-gedung pemkot dan sekolah serta juga gedung bisnis swasta. (A-147)

(PRLM)
 Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment