Clock By Blog Tips

Tuesday, November 16, 2010

China Luncurkan Pesawat C919 Untuk Saingi Airbus dan Boeing

Pesawat C919
 Beijing - China akan meluncurkan pesawat penumpang pertama buatan dalam negerinya yang akan diproduksi secara besar-besaran. Pesawat tersebut dimaksudkan untuk menyaingi Airbus dan Boeing di pasar aviasi global.

Prototipe pesawat C919 tersebut dipamerkan pertama kali dalam acara pameran penerbangan tahunan, China International Aviation and Aerospace Exhibition di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China selatan.

Tiga maskapai besar milik pemerintah China akan menandatangani perjanjian untuk membeli pesawat-pesawat tersebut pada Selasa, 16 November ini. Demikian seperti diberitakan media pemerintah, China Daily seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (16/11/2010).

Produsen pesawat tersebut adalah Commercial Aircraft Corporation of China (Comac). Vice-president Comac, Wu Guanghui menuturkan, perusahaannya memprediksi jumlah permintaan untuk pesawat C919 dalam pasar domestik dan luar negeri akan mencapai 2 ribu pesawat.

Pesawat C919 tersebut akan mengangkut antara 168 hingga 190 penumpang. Pesawat yang cuma memiliki satu lorong tempat duduk itu rencananya akan melakukan penerbangan uji coba pada tahun 2014 mendatang.
   
Pesawat itu rencananya akan diserahterimakan kepada para klien pada tahun 2016. Pesawat ini dipandang memiliki potensi sebagai pesaing Airbus A320 dan Boeing 737.

Menurut China Daily, ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang pemerintah China untuk mematahkan duopoli Airbus dan Boeing dalam produksi pesawat komersial besar.

Lalu lintas penerbangan di China telah meningkat dua kali lipat dalam satu dekade terakhir. Airbus memperkirakan, hal itu diperkirakan akan kembali melonjak dua kali lipat pada tahun 2020 mendatang.

detiknews

0 komentar:

Post a Comment