Clock By Blog Tips

Wednesday, July 18, 2012

Unjuk Kekuatan Militer Meriahkan Quatorze Julliet


Sejumlah warga antusias menaiki tank tempur andalan Angkatan Darat Prancis yang dipamerkan dalam parade militer 14 Juli lalu.

Hampir sebulan sudah cuaca di Paris mengalami anomali. Dalam bahasa Jawa situasi dem i kian biasa diistilahkan salah mong so. Juli yang menjadi ba gi - an musim panas dan se ha rus nya bermandikan sinar men tari mendadak lebih sering di be kap mendung dan hujan, ter ka dang diselingi angin ken cang. Berhari-hari kondisi ini stagnan, tidak ada pergantian suasana.

“Banyak pengusaha di wilayah pantai yang me nangis,” ujar seorang teman. “Mereka seharusnya sudah ‘panen raya’ karena berkah sinar men - tari, tapi mesti mengerutkan kening akibat hujan dan men - dung,” tambahnya. Namun apa yang terjadi pada 14 Juli yang lalu terbilang benar-benar mengherankan. Jika pada hari-hari se be lum - nya awan kerap hitam, pada hari itu terang-benderang. Alam seolah memberikan ke in - dahan terbaiknya, tepat pada Hari Kemerdekaan Prancis. Pada perayaan “tujuh be las - an” Negara Anggur tersebut, hari benar-benar cerah.

Sempat di pengujung acara gerimis kecil terselip, tetapi secara ke - se luruhan cuaca sangat bersahabat. Quatorze Julliet (baca: kators Julie) demikian ungkapan po pu - ler warga Prancis dalam menyambut hari kemerdekaan mereka, sepadan dengan perayaan 17 Agustus di Indonesia. Jika di Tanah Air HUT ke mer - dekaan dimaknai sebagai hari kemenangan dari belenggu penjajahpada1945, maka14Juli di Prancis adalah ke mer de kaan hasil perjuangan me le lah kan yang dirintis sejak 1789 (awal meletusnya Revolusi Prancis). Kemerdekaan itu adalah pesta kemenangan revolusi rak yat atas kesewenang-wenang an (tirani) kaum aris tokrat (kerajaan).

Perayaan ini senantiasa disambut gegap gempita bukan hanya oleh warga asli Paris, tetapi juga para wisatawan mancanegara yang tak henti mengaliri negeri romantis ini. Satu di antara beragam aca ra yang paling kesohor dalam pe ra - yaan tersebut adalah pa ra de militer. Tahun ini, parade mi liter di bawah tanggung jawab Kepala Angkatan Bersenjata Prancis Admiral Edouard Gui - llaud dan dikomandoi lang sung Jendral Bruno Dary.

Serupa dengan tahun-tahun se be lumnya, parade memamerkan kekuatan armada Angkatan Udara Prancis dengan me nampilkan jet Alpha, C 135, Mirage F1 CR, Mirage 2000 RDY, Mirage 2000 D, serta Mirage 2000 N. Parade militer kali ini juga diramaikan parade para siswa sekolah militer dan kepolisian seperti Ecole Speciale Mili ta ire de Saint-Cyr, Ecole Militaire interarmes, Ecole Militaire des officiers de la Marine na tio nale, Ecole Militaire des offi ciers de la gendarmerie nationale. Sementara Angkatan Darat Prancis yang populer disebut Armee de Terre seperti tidak mau ketinggalan. Mereka pun turut unjuk gigi dengan me nampilkan kekuatannya.

Pada kesempatan kali ini mereka menampilkan resimen in fan - teri, artileri, resimen terjun, transmisi, pasukan pemburu khusus (chasseurs alpins), dan pasukan elite Prancis yang kesohor di seluruh dunia, yaitu Legion Etrangere. Parade m i - liter ini tentu saja melibatkan pula Angkatan Laut Prancis (Marine Nationale), bahkan satuan motor kepolisian Pran - cis (Escadron Motorcycliste de la Police Nationale). 



Sumber : Sindo

0 komentar:

Post a Comment